Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research
Vol. 2 No. 1 (2025): Multidisciplinary Approach

Pengembangan Diri Melalui Prakarya Mading Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Desa Sawit Rejo Kutalimbaru

Nisa Puspita (Unknown)
Silvi (Unknown)
Halimul Maduwu (Unknown)
Dewi Sartika (Unknown)
Fatinah Hanan (Unknown)
Mhd. Dani Habra (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan diri melalui kegiatan prakarya mading dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Desa Sawit Rejo, Kutalimbaru, melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan prakarya mading berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, yang tercermin dalam peningkatan partisipasi aktif, kemampuan analitis, dan kreativitas siswa. Meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan waktu, kegiatan ini terbukti efektif dalam mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan berpikir secara kritis. Penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan akses sumber daya pembelajaran dan memperpanjang waktu yang dialokasikan untuk kegiatan prakarya serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hjm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

The Hikamatzu Journal of Multidisciplinary Research stands as a beacon of intellectual exploration and collaboration, providing a scholarly platform for the intersection of diverse fields of study. Rooted in the pursuit of knowledge across a broad spectrum, this esteemed journal fosters a dynamic ...