Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada teks e-book "Dasar-Dasar Komputer" yang digunakan di SMKS Cerdas Murni Medan. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan dalam penggunaan ejaan, struktur kalimat, dan tata bahasa yang dapat memengaruhi pemahaman pembaca terhadap materi yang disajikan. Data yang digunakan berupa teks dari e-book tersebut, yang kemudian dianalisis secara rinci untuk menemukan kesalahan bahasa. Teori yang digunakan adalah tentang pentingnya penggunaan ejaan yang tepat dan struktur kalimat yang efektif dalam menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur. Analisis teks manual data menggunakan analisis wacana yang dilakukan secara deskriptif dengan mengklasifikasikan jenis kesalahan bahasa yang ditemukan serta menganalisis dampaknya terhadap keterbacaan dan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa kesalahan signifikan, termasuk kesalahan ejaan seperti penggunaan kata yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), struktur kalimat yang terlalu panjang dan tidak efektif, serta inkonsistensi dalam penggunaan istilah teknis. Kesalahan-kesalahan ini berpotensi menghambat pemahaman terhadap materi yang diajarkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024