Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 4 (2024): Edisi November 2024

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI PADA PEMBELAJARAN IPA

Avita, Nurul (Unknown)
Apriyanti, Chusna (Unknown)
Tisngati, Urip (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mendeskripsikan kelayakan buku panduan ice breaking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar kelas tinggi pada pembelajaran IPA. Metode dalam penelitian adalah (R&D) yang diterapkan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian mencakup 3 guru kelas dan 23 siswa kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri 3 Sirnoboyo. Sampel uji coba menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan ice breaking dikatakan “Sangat Valid” oleh ahli media dengan rerata 4,44, ahli pembelajaran rerata 4,33, dan ahli bahasa rerata 4,25, hasil penilaian angket respon guru 100 kategori “Sangat Baik”, buku panduan ice breaking berbasis sains dikatakan efektif memperoleh rata-rata N-Gain score kelompok kecil 58,8% bermakna “Cukup Efektif” dan kelompok besar memperoleh skor 72,3% bermakna “Efektif”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...