JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR

Suningsih, Siti (Unknown)
Daryati (Unknown)
Patras, Yuyun Elizabeth (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran multikultural di sekolah dasar dapat meningkatkan apresiasi positif pada diri siswa terhadap perbedaan secara kultur, sebagai landasan meningkatkan kualitas pembelajaran yang memberikan rasa aman, nyaman, dan suasana kondusif bagi siswa selama belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan implementasi pendidikan multikultural. Tinjauan pustaka dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap artikel berbahasa Indonesia dalam rentang tahun 2018 - 2023 yang bersumber dari google scholar. Proses pemilihan sumber data menggunakan metode PRISMA (Preffered Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Data diperoleh melalui pencarian dan pengambilan data pada 15 Desember 2023. Pengumpulan data studi literatur dilakukan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) dengan menggunakan kata kunci “implementasi pendidikan multikultural di sekolah dasar” pada rentang 5 tahun terakhir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dapat diimplementasikan pada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sebagai penanaman nilai etika, moral dan karakter peserta didik. Adapun jalan baru yang dapat dilakukan yaitu pengimplementasian pendidikan multikultural di sekolah dasar memerlukan dedikasi dari berbagai aspek, termasuk penyempurnaan kurikulum pendidikan, peran aktif kepala sekolah, keterlibatan guru dalam merancang dan mengimplementasikan model, metode, serta partisipasi aktif orang tua, agar terwujud pendidikan yang adil tanpa memandang latar belakang siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...