JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

Ardi Nur Hanafi (Unknown)
Asrial (Unknown)
Alirmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu pendukung dalam menumbuhkan dan meningkatkat minat belajar peserta didik. Namun, dari hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di SDN 14/I Sungai Baung diketahui sekolah belum memiliki dan menggunakan media pembelajaran yang memadai terlebih media pembelajaran berbasis teknologi digital. Sehingga peserta didik kurang berminat dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata hanya 47% peserta didik yang mencapai KKM selama proses pembelajaran matematika pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Media E-Komik pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D. Hasil validasi materi yaitu 70,45% dan kriteria baik, hasil validasi media yaitu 89,28% dan kriteria sangat baik, hasil validasi Bahasa yaitu 97,22% dan kriteria sangat baik, hasil validasi praktisi yaitu 90,90% dan mendapat kriteria sangat baik, serta hasil respon peserta didik yaitu 93,27% dan kriteria sangat baik. Secara konseptual dan prosedural media e-komik layak digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...