JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Rindiani, Gusnia (Unknown)
Chan, Faizal (Unknown)
Alirmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas IV SDN 111/ I Muara Bulian. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmls & Mc Taggar yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran IPAS. Pada kondisi awal nilai rata-rata peserta didik Adalah 56,2% . Pada siklus I nilai rata rata peserta didik mencapai 68,04% . Kemudian setan dilskukan perbaikan, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 80,28 % sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 7 peserta didik (28%). Pada siklus 1 siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 12 peserta didik (48%). Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai mancapai KKTP sebanyak 19 peserta didik (76%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan video animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPAS kelas IV SDN 111/I muara Bulian sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPAS. Dengan demikian disarankan kepada pendidik agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...