ABSTRAK Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang selalu mengalami perkembangan. Dalam pembelajaran sendiri matematika sering dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Sedangkan budaya sendiri lahir dari aktivitas dan kebiasaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut membuat budaya memiliki keterkaitan dengan matematika dan menjadikan sebuah pembelajaran yang berfokus pada kedua aspek tersebut yang disebut dengan etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang ada pada Masjid Agung Al-Munawarah Banjarbaru dalam konteks yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data menggunakan metode studi literatur, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini terdapat konsep matematika yang terkandung dalam Masjid Agung Al-Munawarah Banjarbaru yaitu konsep bangun datar, konsep bangun ruang, dan konsep transformasi. Konsep- konsep matematika yang terdapat pada Masjid Agung Al-Munawarah Banjarbaru tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan memahami konsep geometri melalui budaya lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024