Penguasaan kosakata merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris, namun siswa Sekolah Dasar (SD) sering menghadapi tantangan dalam memahami dan mengingat kata-kata baru akibat metode pembelajaran yang kurang menarik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi Puzzle Maker berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam membantu siswa menguasai kosakata secara efektif dan menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif dengan keterlibatan guru dan siswa secara aktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa media Puzzle Maker berbasis AI mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperluas penguasaan kosakata, dan menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Guru juga merasa terbantu dalam menyediakan materi pembelajaran yang lebih inovatif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu memanfaatkan teknologi AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris terbukti efektif dan dapat diadaptasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar
Copyrights © 2025