Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 4 No 4 (2024): Vol. 4 No. 4 Edisi November 2024

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS V SD NEGERI 200101 PADANGSIDIMPUAN

Sucahyo, Eko (Unknown)
Kusuma Ningtyas, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Outing Class terhadap sikap disiplin siswa kelas V SD Negeri 200101 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 200101 Padangsidimpuan yang berjumlah 60 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa angket sikap disiplin siswa. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Outing Class terhadap sikap disiplin siswa kelas V SD Negeri 200101 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t yang menunjukkan nilai thitung = 3,283 > ttabel = 2,002 pada taraf signifikansi 5%. Rata-rata skor sikap disiplin siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Outing Class lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...