UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX di MTSN 1 Bone

Surianty, Surianty (Unknown)
Azis, Andi Asmawati (Unknown)
Arsyad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran CWPT kelas VIII di MTsN 1 Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dengan pembelajaran CWPT dan pembelajaran STAD serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CWPT terhadap motivasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 1 Bone tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance) bahwa nilai Signifikansi pada kelas CWPT dan kelas STAD menunjukkan motivasi belajar sig 0,001, dengan besar pengaruh 57,9%. Berdasarkan kriteria pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran CWPT peserta didik di MTsN 1 Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...