Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa mengenai pembelajaran Biologi berorientasi STEM kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar, (2) mendeskripsikan persepsi siswa mengenai pembelajaran Biologi berorientasi STEM kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar (3) menganalisis pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas XII di SMAN 6 Takalar, (4) menganalisis pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap persepsi siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar. Desain penelitian ini berupa Non-equivalent Control Group Design dengan populasi terdiri dari siswa kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 semester 2 SMAN 6 Takalar Tahun Ajaran 2022-2023 pada materi Bioteknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan kolaborasi siswa dengan skor rata-rata 113,61 berada pada kategori sedang, (2) persepsi siswa ada 125,27 berada di kategori sedang, (3) uji Independent Sample t-Test dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan (4) uji Independent Sample t-Test dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap persepsi siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi dan persepsi siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka pembelajaran Biologi berorientasi STEM dapat digunakan dalam rangka meningkatkan keterampilan kolaborasi dan memberikan persepsi positif pada siswa.
Copyrights © 2024