Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol. 5 No. 2 (2024): November

Analisis Motivasi Mahasiswa Baru dalam Menempuh Pendidikan di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mulawarman

Zahra, Alya Puspita (Unknown)
M Ambomasse, Nurfadila (Unknown)
Erfin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi mahasiswa baru yang memilih Program Studi Pendidikan Fisika di FKIP Universitas Mulawarman. Dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang ditujukan kepada 35 mahasiswa baru Tahun Ajaran 2023/2024, penelitian ini mengeksplor faktor-faktor intrinsik (minat, bakat, keterampilan, tujuan) dan ekstrinsik (orang tua, teman, dunia kerja, biaya, masyarakat) yang mempengaruhi motivasi mereka. Hasil analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menunjukkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa memiliki motivasi yang mayoritas tinggi dengan kategori motivasi intrinsik yang lebih dominan (54%) dibandingkan motivasi ekstrinsik (46%). Faktor intrinsik terkuat adalah bakat (21%) dan minat (18%), sementara faktor ekstrinsik terkuat adalah peluang di dunia kerja (14%). Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa baru memilih pendidikan fisika berdasarkan minat, kemampuan, dan peluang kerja. Berdasarkan hasil temuan, diusulkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi ekspektasi mahasiswa, seperti kerjasama dengan institusi pendidikan dan dunia kerja, serta promosi jurusan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...