Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang penting bagi kesuksesan akademis dan kehidupan sehari-hari. Guru terus mencari strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, salah satunya melalui media gambar. Media gambar membuat pembelajaran lebih menarik, memotivasi siswa, memvisualisasikan konsep, dan memperkuat ingatan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di UPTD SDN 39 Barru. Metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest kelompok digunakan pada 30 siswa yang dibagi secara acak menjadi kelompok eksperimen (media gambar) dan kelompok kontrol (metode konvensional). Data dikumpulkan melalui tes membaca sebelum dan sesudah intervensi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol dalam hal pemahaman, kosakata, dan kelancaran membaca. Temuan ini mengindikasikan bahwa media gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Guru disarankan mengintegrasikan media gambar dalam strategi pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan membaca secara optimal.
Copyrights © 2024