Education and Social Sciences Review
Vol 5, No 2 (2024): Education and Social Sciences Review

Transformasi literasi di era digital: tantangan dan peluang untuk generasi muda

Putrayasa, I Made (Unknown)
Suwindia, I Gede (Unknown)
Ari Winangun, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Artikel ini membahas transformasi literasi di era digital yang mencakup integrasi literasi membaca tradisional dan literasi digital dalam konteks generasi muda. Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam konsep literasi, yang kini mencakup keterampilan teknis, pemahaman kritis, dan pengelolaan informasi digital. Di satu sisi, teknologi digital meningkatkan aksesibilitas informasi dan peluang pembelajaran. Di sisi lain, tantangan seperti misinformasi, kesenjangan digital, dan dampak media sosial terhadap kemampuan membaca mendalam menjadi perhatian utama. Artikel ini mengintegrasikan berbagai literatur terkini untuk menganalisis bagaimana kedua jenis literasi tersebut saling melengkapi atau berbenturan dalam membentuk kompetensi literasi generasi muda. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan memainkan peran kunci dalam menjembatani kesenjangan literasi digital dan membaca, dengan rekomendasi berupa penguatan kebijakan pendidikan, peningkatan akses teknologi, dan strategi pembelajaran inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

essr

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education and Social Sciences Review ISSN 2720-8915 (Print), ISSN 2720-8923 (Electronic) is an international, peer-reviewed journal and scientific journal publish by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. Educational Opinion and Social Sciences Review a multi-disciplinary, ...