Pillar of Physics Education : Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 17, No 4 (2024)

THE EFFECTIVENESS OF THE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL ASSISTED BY YOUME (YOUTUBE MEDIA) IN IMPROVING THE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS

Qolbi, Wilda Nurul (Unknown)
Irvani, Asep Irvan (Unknown)
Warliani, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya penerapan model Creative Problem-Solving berbantuan media YouTube dalam pembelajaran fisika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif siswa di era Revolusi Industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Swasta di Garut, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Creative Problem-Solving berbantuan media YouTube menghasilkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa secara signifikan, terutama pada aspek fleksibilitas, elaborasi, dan orisinalitas. Kesimpulannya, pembelajaran yang mendorong berpikir kreatif dapat membantu siswa menghasilkan ide-ide baru dan inovatif serta memperdalam pemahamannya terhadap konsep-konsep fisika. Dengan demikian, pendidikan yang efektif dan mandiri merupakan kunci untuk menciptakan generasi yang berkualitas, siap menghadapi perubahan dan tuntutan zaman yang terus berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pfis

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Pillar of Physics Education: International Journal on Physics Education is an open-access and peer-reviewed journal, published by Universitas Negeri Padang, which is dedicated to intercharge for the results of high-quality in all aspect of physics education. The editors welcome submissions of papers ...