Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perkembangan aplikasi supervisi dalam kegiatan supervisi antara guru dan orang tua siswa, dan (2) Memaparkan peran penggunaan berbagai aplikasi supervisi dalam meningkatkan komunikasi antara guru dan orang tua siswa. Dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menganalisis berbagai aplikasi supervisi populer seperti ClassDojo, Seesaw, Edmodo, dan lainnya, guna memahami fitur, manfaat, serta tantangan yang dihadapi dalam penggunaannya. Sumber data diperoleh dari artikel-artikel akademik yang relevan, dengan fokus pada komunikasi dua arah, kolaborasi, dan pemantauan kemajuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berbasis TI telah memberikan solusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi supervisi, terutama melalui fitur komunikasi real-time, laporan perkembangan siswa, dan pemberian umpan balik terstruktur. Aplikasi ini juga terbukti memperkuat hubungan antara guru dan orang tua, meningkatkan keterlibatan mereka dalam mendukung pembelajaran siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kelemahan, seperti keamanan data dan keterbatasan fitur personalisasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan aplikasi supervisi yang lebih inovatif, termasuk integrasi teknologi kecerdasan buatan (AI), gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan, dan fitur keamanan yang lebih baik. Dengan demikian, aplikasi supervisi berbasis TI dapat menjadi alat yang lebih efektif dalam mendukung komunikasi dan kolaborasi antara sekolah dan keluarga, yang pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025