Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting
Vol 4, No 1 (2024): Juni

Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Pandemi COVID-19: Strategi dan Tantangan

Nugraha, Amelia (Unknown)
Astuti, Karina Dwi (Unknown)
Rizkia, Salsabila Fathi (Unknown)
Mashudi, Esya Anesty (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi inovasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini (PAUD) pada masa pandemi COVID-19 melalui pendekatan sistematik literatur review (SLR). Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, berbagai strategi dan metode diterapkan untuk memastikan proses belajar mengajar tetap efektif dan menyenangkan bagi anak. Hasil SLR menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital, seperti aplikasi pembelajaran interaktif dan platform konferensi video, merupakan solusi utama untuk mengatasi tantangan ini. Blended learning merupakan kombinasi metode pembelajaran daring dan luring menjadi solusi yang efektif diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi anak. Orang tua juga berperan penting sebagai pendamping belajar di rumah. Inovasi-inovasi ini tidak hanya mengatasi tantangan pembelajaran selama pandemi tetapi juga berpotensi membawa perubahan jangka panjang pada sistem pendidikan PAUD di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ALHANIF

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting by the Early Childhood Islamic Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah North Sumatra is dedicated as a medium to publish thoughts and research related to the topic of child education and parenting. Al-Hanif: ...