Penelitian ini mengeksplorasi dampak permainan edukatif terhadap perkembangan kosakata anak-anak usia dini. Kosakata yang kaya membantu anak-anak memahami konsep baru, berpikir kritis, dan berkomunikasi secara efektif, memengaruhi interaksi sosial dan akademik mereka. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan kosakata yang luas memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami bacaan, mengikuti instruksi, dan berpartisipasi dalam percakapan. Permainan edukatif diakui sebagai alat pembelajaran yang efektif, menarik minat anak melalui aktivitas interaktif dan menyenangkan yang mendorong perolehan bahasa dan keterampilan kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. . Hasil penelitian menegaskan bahwa permainan edukatif merupakan fondasi yang kuat dalam mendukung perkembangan bahasa anak-anak, memberikan implikasi penting bagi metode pembelajaran bahasa yang efektif di usia dini.
Copyrights © 2024