DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 02 (2024): Oktober 2024

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA

Hafis, Hafis (Unknown)
Buhaerah, Buhaerah (Unknown)
Kasmirah, Kasmirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs di Kabupaten Sidrap, dengan sampel sebanyak 50 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis AR dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (70,88) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (52,96). Uji Independent Samples Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (Sig. 2-tailed = 0,039, p 0,05), yang menandakan bahwa penggunaan AR efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa. Peningkatan ini terjadi karena visualisasi tiga dimensi dan interaksi langsung yang ditawarkan AR, yang membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih mudah. Namun penerapan AR memerlukan dukungan teknologi dan pelatihan yang memadai bagi guru agar dapat diimplementasikan secara optimal dalam pembelajaran. Penelitian ini menyarankan perlunya studi lanjutan untuk memperkuat temuan ini di berbagai konteks pendidikan yang lebih luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...