Proceedings Series of Educational Studies
2024: Seminar Nasional dan Prosiding PGSD FIP UM 2024 "Transformasi Paradigma Pendidikan Dasar: Pelu

Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Rancangan Pembelajaran Berdiferensiasi Produk yang Terintegrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal

Darmawan, Puguh (Unknown)
Rofiki, Imam (Unknown)
Faizah, Siti (Unknown)
Sasmi, Dewi (Unknown)
Eksanti, Yulia Anggita (Unknown)
Safitri, Friska Nur Indah (Unknown)
Wijayanti, Annis Az’zah (Unknown)
Fazrin, Khamellisa Qobrina (Unknown)
Permatasari, Intan Duri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu wujud dari penerapan kurikulum merdeka, di mana pembelajaran dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik dan kondisi peserta didik yang beragam, sehingga pembelajaran terlaksana dengan peserta didik sebagai pusat pembelajaran. Fakta yang ditemukan di lapangan diketahui bahwa masih banyak guru yang belum memahami sepenuhnya mengenai penerapan pembelajaran berdiferensiasi, untuk itu program pengabdian PPKB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman guru pada konsep pembelajaran berdiferensiasi serta melatih guru untuk mengembangkan produk penunjang pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Sejumlah 159 peserta yang merupakan guru sekolah dasar yang tersebar di seluruh Indonesia bergabung menjadi peserta dalam program pemberdayaan yang ini. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yang berlokasi di SD Negeri Mojolangu 5 Kota Malang dengan bantuan platform zoom meeting. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran berdiferensiasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...