Journal of Media, Sciences and Education
Vol 2 No 2 (2023): Journal of Media, Sciences and Education

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ahmad Zainul Irfan (Unknown)
Iman, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Basala. Rancangan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif diambil dari hasil tes belajar siswa, dan data kualitatif diambil dari lembar observasi dan jurnal refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 68% dan siklus II meningkat menjadi 92%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase pada Siklus I sebesar 64,3%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,9%. Sedangkan aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase pada Siklus I sebesar 71,4%, dan pada siklus II menjadi 92,9%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI NW Mertak Paok

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jomet

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...