cover
Contact Name
hastuti diah ikawati
Contact Email
jometjournal@gmail.com
Phone
+6282247622935
Journal Mail Official
jometjournal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lingkok Buak No. 1, Lingkok Berenga, Kec. Janapra, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83554
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Media, Sciences and Education
ISSN : -     EISSN : 29862728     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since December 2023
Articles 60 Documents
Pemanfaatan E-learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Syarifah Hairunnisa Irtawanti
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v1i1.2

Abstract

Model pembelajaran berbasi teknologi dengan menggunakan e-learning akan merubah budaya belajar dalam proses pembelajaran. Dimana proses pembelajaran akan sangat fleksibe karena dapat di sesuaikan dengan waktu dan kondisi siswa. Tujuan umum dari penulisan artikel ini untuk menghambarkan pemanfaatan atau penggunaan e-learning di sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar. Analisis yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur dengan menelaah 8 jurnal, 1 proseding semnas dan 1 skripsi yang terkait dengan judul artikel ini.
Peran Guru Dalam Menyikapi Modalitas Gaya Belajar Yang Beragam dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Umi Kalsum
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v1i1.3

Abstract

Tujuan penulisan artikel adalah untuk memberikan gambaran bagaimana peran seorang guru dalam menyikapi modalitas belajar peserta didik yang beragam. Proses pendidikan saat ini yang semakin maju mendorong guru untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya agar mampu menghadapi berbagai macam modlitas belajar sisiwa yang beragam. Jadi dapat kita simpulkan pada dasarnya peran guru dalam proses belajar mengajar adalah menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang efektif sehingga kegiatan belajar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga hasil siswa dapat memuaskan.
Kreativitas Pendidik Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Menyampaikan Materi di Tengah Merebaknya Covid – 19 Baiq Fatimah Noviyanti
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v1i1.4

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu potensi yang ada dalam diri manusia sebagai perwujudan dirinya. Sebagai seorang pendidik, kreativitas sangat dibutuhkan baik dalam penyajian materi pembelajaran ataupun kreativitas dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi anak agar suasana belajar menjadi lebih nyaman sehingga siswa mampu untuk memahami dan menyerap materi lebih mudah. Hal ini juga berlaku ditengah maraknya wabah virus corona, dimana guru diminta untuk menyampaikan materi atau bahan ajar kepada anak secara tidak langsung. Hal ini disebabkan karena pemerintah menghimbau masyrakat untuk tidak melakukan aktivitas atau berkumpul ditempat yang sama, dan memberlakukan social distancing agar penyebaran virus corona dapat diminimalisir. Oleh karena itu seluruh kegiatan siswa yang biasanya dilakukan disekolah dipindahkan kerumah. Artinya, seluruh proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung. Agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung sebagaimana mestinya, maka guru melakukan kegiatan belajar mengajar melalui e-learning. Pada proses belajar menggunakan e-learning diperlukan kreativitas seorang guru untuk menyusun bahan ajar agar siswa dapat dengan mudah memahami materi. Melalui e-learning, guru dapat menyediakan bahan ajar baik baik berupa PDF, Power Point, Word, dan lain sebagainya.
Pernikahan Dini di Desa Karang Bayan Agus Jayadi
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v1i1.5

Abstract

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral, untuk itu perlu persiapan yang matang baik secara fisik, ekonomi, dan psiokologis. Pernikahan dini atau nikah dini masih banyak terjadi di Indonesia. Pernikahan dini yaitu pernikahan yang di lakukan pada usia kurang dari 20 tahun. Salah satu faktor yang mempengaruhi pernikahan dini adalah persepsi. Persepsi dipengaruhi sikap dalam menentukan pernikahan dini. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan persepsi dengan kecendrungan prilaku pernikahan dini di jl. Dusun Peresak Barat, Karang Bayan, Kec. Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penyebab pernikahan dini adalah a) karena hamil terlebih dahulu, b) faktor orang tua (ekonomi, pendidikan, pola asuh orang tua, dan pemahaman agama), c) faktor lingkungan.
Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Program Kerja Kepala Sekolah Sinarah Wulan
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v1i1.6

Abstract

Kepala sekolah memiliki tanggung jawab meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru tidak akan berkembang manakala tidak dibarengi dengan program-program yang mendukung. Sehingga kepala sekolah perlu merancang program-program untuk meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran adalah kecakapan guru menciptakan suasana komunikasi yang edukatif antara guru dan siswa yang mencakup suasana kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai upaya mempelajari sesuatu berdasarkan perencanaan sampai dengan evaluasi dan tindak lanjut agar mencapai tujuan pengajaran. Program-program yang dapat dirancang oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru adalah: (1) pertemuan ilmiah guru; (2) lomba kreativitas guru; (3) guru berprestasi; (4) pelatihan; (5) seminar motivasi; (6) musyawarah guru mata pelajaran; (7) lesson study; (8) hibah penelitian; dan (9) tulisan profesional.
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Kualitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023 Saadatul Hayat
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v2i1.24

Abstract

Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada siswa Kelas VIII A SMPN 7 Kota Bima tahun pelajaran 2022/2023. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share.
Eksistensi Perempuan Dalam Kumpulan Cerpen Bulan di Atas Lovina Karya Yvonne De Fretes Kadek Sintya Purnama Dewi
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v2i1.25

Abstract

TThis research aims to determine the existence of women in a collection of short stories. The theory used in this study is existentialist feminism. The method used in this study is a literature study method with data source sampling techniques, notes, and writing. Furthermore, to analyze the data using a descriptive method with data collection and data analysis techniques. The results of the analysis are presented using a descriptive method. Based on the analysis, the results of the study were found in the short story collection Bulan di Atas Lovina by Yvonne De Fretes, namely as follows. First, working women who are in love and free women. Second, the messages contained in the short stories include implied messages and explicit messages
Meningkatkan Hasil Belajar Anak Didik Kelas VIII B Pada Mata Pelajaran Fiqih Dengan Metode Make A Match di MTS. Alhuda Kota Gorontalo Djuma Abas
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v2i1.26

Abstract

Dalam mencari solusi rendahnya hasil belajar anak didik pada mata pelajaran mengatasi Fiqih pada anak didik kelas 8B MTs. Alhuda Kota Gorontalo. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi diantaranya pengajar masih menerapkan cara mengajar dengan pemberian tugas dan ceramah, dalam hal ini pembelajaran hanya berpusat pada guru. Dari metode yang digunakan oleh guru masih kurang efektif. Dari pemasalah tersebut di rumuskan pada eksplorasi ini adalah: “Apakah terdapat peningkatan hasil belajar anak didik melalui penerapan Metode pembelajaran make a match pada pembelajaran fiqih  kelas 8B MTs MTs. Alhuda Kota Gorontalo?”.Adapun Jenis eksplorasi yang dilaksanakan yaitu Ekspolarasi Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan jenis eksplorasi kualitatif, dimana data-data dari eksplorasi ini adalah subjek dan objek eksplorasi, dimana subjek eksplorasi ini merupakan pengajar Fiqih di MTs Alhuda Kota Gorontalo dan objek eksplorasi merupakan anak didik-anak didik kelas 8B yang ada di MTs Alhuda Gorontalo, metode pengumpulan data dari eksplorasi ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Diagnosis yang digunakan pada ekspolorasi ini yaitu bertitik berat pada presentase. Hasil ekspolarasi berbasis teknik  pembelajaran Make a Match di peroleh data capaian anak didik yaitu pada anak didik yang pada hasil belajar belum mencapai KKM 54.30% dan yang mendapatkan  KKM sebesar 45.70%, akan tetapi setelah memnfaatkan teknik pembelajaran Make a Match dapat diperloleh peningkatan dalam proses pembelajaran yang diperoleh anak didik pada siklus I mengalami kemajuan sebesar 65.70% dan anak didik yang belum mecapai tuntas sebesar 34.30%. Kemudian pada pelaksanaan siklus II diperoleh perubahan yang sangat besar dimana tingkat keberhasilan anak didik pada proses pembelajaran mencapai 88.57% dan anak didik yang belum mengalami perubahan sebesar 11.43%. dan pada akhirnya disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran make a match pada pembelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar anak didik pada  kelas 8B MTs MTs. Alhuda Gorontalo”
Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Pada Materi Konsep Geografi Melalui Problem Based Learning (PBL) Emiliyati
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v2i1.28

Abstract

The Minister of Education and Culture for Research and Technology of the Republic of Indonesia emphasized that the ideals of learning in Indonesia are to create learning that is in favour of students, knowing that it liberates thinking and student potential. Efforts to adapt the learning process in class to meet the learning needs of each student. This research aims to learn how to apply differentiation learning in geography concept material through problem-based learning to X.4 SMAN 4 Mataram. Then this study used a descriptive method after identifying the forms of implementation of percentages and group collaboration and explaining whether the student results were excellent. The results of this study indicate that the application of Differentiated Learning Based on Problem-Based Learning can produce a Pancasila learning profile and increase student motivation and learning outcomes. I implemented the learning design in class X4 SMAN 4 MATARAM to improve enthusiasm, motivation and student learning outcomes following the profile of Pancasila students. Thus the implementation of Differentiated Learning Based on Problem-Based Learning can be carried out well, achieving learning objectives and applying student learning profiles by identifying. Mapping student learning needs naturally and efficiently and carrying out process assessments in groups and individually. When evaluating understanding individually, it is proven that the results/scores achieved are well above average
Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lari Jarak Pendek 60 Meter melalui Bermain Dengan Alat Bantu Bilah Bambu pada Siswa Kelas IV SDK Sarotari Flores Timur Yosef M.Katolek Piran
Jurnal Pengetahuan dan Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Journal of Media, Sciences and Education
Publisher : Yayasan Baru Haji Samsudin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jomet.v2i1.29

Abstract

Upaya Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kemampuan gerak dasar lari jarak 60 meter siswa SDK Sarotari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari jarak pendek 60 meter melalui bermain dengan alat bantu bilah bambu pada siswa kelas IV SDK Sarotari Kecamatan Larantuka  Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDK Sarotari  Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores timur . yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 15 siswa putri. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh    kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain dengan alat bantu bilah bambu dapat meningkatkan pembelajaran lari jarak pendek pada siswa kelas IV SDK Sarotari  Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur. Berdasarkan hasil observasi, terlihat adanya peningkatan, hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 61,5% siswa yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus 2 meningkat 80,8% siswa yang nilainya diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).