Jurnal Ilmu Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Ilmu Multidisiplin

Strategi Inovatif Guru PPKn Dalam Meningkatkan Civic Disposition Siswa

Sembiring, Talita (Unknown)
Ramadhani, Kania Nova (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)
Sihaloho, Oksari A (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi inovatif yang digunakan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan civic disposition siswa di SMP Perintis Bersama Sejahtera, Medan. Civic disposition merujuk pada sikap dan perilaku warga negara yang bertanggung jawab, aktif, dan berkeadilan sosial, yang menjadi salah satu fokus utama dalam pendidikan kewarganegaraan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap guru PPKn di SMP Perintis Bersama Sejahtera dan observasi terhadap lingkungan sikap siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn menggunakan berbagai strategi inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok dan strategi contoh atau keteladanan untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran kritis siswa. Terdapat berbagai faktor penghambat yang mempengaruhi kerlangsungan Guru PPKn dalam meningkatkan civic disposition siswa yakni kurangnya dukungan dari orang tua, keterbatasan sumber daya, dan lingkungan sosial yang tidak mendukung menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para pendidik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal ilmiah yang memuat hasil penelitian pada semua bidang multidisiplin, diantaranya ilmu pendidikan, ilmu manajemen, sosial humaniora, dan ilmu teknik secara ...