Di era serba digital seperti sekarang ini, penelitian berkenaan penggunaan ChatGPT dalam konteks pembelajaran di sekolah menjadi tema penting, menilik kontribusi asasi dan sumbangan signifikan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) ini bagi guru dan siswa. Metode penelitian merupakan studi kepustakaan, ditujukan untuk menjawab apa saja dukungan atau sokongan yang diberikan ChatGPT bagi para guru dan siswa di dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil analisis literatur menginformasikan bahwa ChatGPT memberikan dukungan dan sokongan yang lebar bagi guru dalam aneka sisi pembelajaran, semisal figurasi materi, pengembungan materi pembelajaran, penilaian dan evaluasi, pengelolaan kelas, dan pengembangan kurikulum. Sementara itu, ChatGPT juga memberikan dukungan yang beragam bagi siswa, termasuk dalam hal pembelajaran mandiri, bantuan pekerjaan rumah yang kreatif, praktek bahasa asing, rujukan referensi yang inspiratif, dan pemecahan masalah yang kompleks. Dukungan ini membuka peluang baru bagi guru dan siswa untuk meningkatkan efektivitas dan kreativitas mereka dalam pembelajaran, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, kreatif, attraktif, persuasif, dan adaptif.
Copyrights © 2024