Murabbi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Murabbi

Optimalisasi Budaya Positif Sekolah untuk Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Murid Sekolah Dasar

Wahyuni, Nur (Unknown)
Setiawan, Aldo (Unknown)
Apriwulan, Hamdani Fajar (Unknown)
Siswanto, Deny Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan budaya positif dalam membentuk karakter murid sesuai dengan profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Totogan. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa budaya positif diterapkan melalui berbagai cara, seperti pembentukan keyakinan kelas yang menciptakan suasana belajar kondusif, segitiga restitusi yang mendorong murid untuk memahami tujuan, mengembangkan disiplin positif, serta memperbaiki diri setelah melakukan kesalahan, dan rutinitas harian yang diatur dalam SOP sekolah untuk memperkuat karakter murid. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler, baik yang bersifat wajib maupun pilihan, menjadi sarana bagi murid untuk mengasah potensi, minat, dan bakat di bidang sains, pengetahuan, agama, dan olahraga. Kesimpulannya, penerapan budaya positif di SD Negeri Totogan memainkan peran signifikan dalam membentuk karakter murid sesuai profil Pelajar Pancasila. Budaya positif ini terbukti menjadi fondasi kuat dalam pengembangan karakter murid yang sejalan dengan prinsip kurikulum merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Murabbi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is an open access journal, and peer-reviewed journal to discuss about new findings in elementary education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on elementary ...