Pembelajaran abad 21 menekankan penguasaan serta pengembangan keterampilan mahasiswa. Namun, kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran telah menghambat keterampilan berpikir kreatif mereka. Tujuan penelitian menguji pengaruh dari model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbasis entrepreneurship terhadap keterampilan berfikir kreatifmahasiswa pada materi Geometri Ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental yang melibatkan pretest dan posttest pada 12 mahasiswa semester 2 di Universitas Muhammadiyah Sorong. Hasil yang diperoleh menunjukkan perubahan tingkat keterampilan berfikir kreatifmahasiswa setelah melakukan pembelajartan model PjBL berbasis entrepreneurship, dengan rerata hasil posttest sebesar 89,5. Hasil analisis gain menunjukkan rerata 0,85, yang berada dalam kategori sangat tinggi. Selain itu, respon mahasiswa terhadap model pembelajaran ini juga positif, dengan rerata respon sebesar 78%. Dalam kesimpulan, model pembelajaran PjBL berbasis entrepreneurship memberikan pengaruh yang positif pada kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran Geometri Ruang. Oleh sebab itu, diharapkan agar pendekatan ini dapat diterapkan lebih luas dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di berbagai mata pelajaran.
Copyrights © 2024