Instructional Development Journal
Vol 7, No 3 (2024): IDJ

Implementasil Metode Ummil dalam Meningkatkanl Kemampuan Membacal Al-Qur’an Pesertal Didik SMK IT Al-Hudal Wonogiril

Praditasari, Hanifia Rahma (Unknown)
Shohib, Muhammad Wildan (Unknown)
Nubail, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Dalaml pembelajaran keagamaanl khususnya padal pelafalan bacaanl Al-Qur’an harusl memperhatikan beberapal ketentuan meliputil makhraj, ltajwid, dan ltartil. Penguasaan yangl baik danl benar didukungl dengan adanyal metode yangl sesuai sebagail bentuk upayal peningkatan kemampuanl membaca lAl-Qur’an. Di SMKl IT Al-Hudal Wonogiril yang ditempuhl untu melakukanl peningkatan membacal Al-Qur’an ialahl dengan menggunakanl Metode lUmmi. Metodel Ummi merupakanl suatu terobosanl yang dilaksanakanl dengan modell klasikal lindividual, didukung kolaborasil antara gurul dan siswal dalam membacal Al-Qur’an secaral bersama. Tujuanl dari penelitianl ini adalahl untuk meningkatkanl kemampuan membacal Al-Qur’an dil SMK ITl Al-Huda Wonogiril dengan menggunakanl metode lUmmi. Penelitian inil menggunakan metodel kualitatif deskriptifl dengan pengumpulanl data menggunakanl observasi, lwawancara, dan dokumentasil disertai instrumenl penelitian yaitul data pertanyaanl pada saatl wawncara. Hasill dari penelitianl ini yaitul menunjukan adanyal peningatan dalaml pembacaan Al-Qur’anl dari sebeluml dan sesudahl penggunaan metodel Ummi. Implikasil dari penelitianl ini adalahl adanya metodel Ummi dil SMK IT Al-Hudal Wonogiri sebagail terobosan dalaml meningkatan kemampuanl membaca Al-Qur’anl yang lfasih   TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//   This page is in Indonesian Translate to English    AfrikaansAlbanianAmharicArabicArmenianAzerbaijaniBengaliBulgarianCatalanCroatianCzechDanishDutchEnglishEstonianFinnishFrenchGermanGreekGujaratiHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianItalianJapaneseKannadaKazakhKhmerKoreanKurdish (Kurmanji)LaoLatvianLithuanianMalagasyMalayMalayalamMalteseMaoriMarathiMyanmar (Burmese)NepaliNorwegianPashtoPersianPolishPortuguesePunjabiRomanianRussianSamoanSimplified ChineseSlovakSlovenianSpanishSwedishTamilTeluguThaiTraditional ChineseTurkishUkrainianUrduVietnameseWelsh Always translate Indonesian to English Never translate Indonesian Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...