JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 1 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Analisis Penalaran Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik

Hasanah, Sri Indriati (Unknown)
Agustin, Sisca Patricia Dwi (Unknown)
Basri, Hasan (Unknown)
Saleh, Hairus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penalaran matematis siswa SMA melalui pengamatan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMAN 1 Sampang. Data dikumpulkan dengan cara memberikan angket gaya belajar dan tes penalaran matematis yang memuat indikator sense-making, conjecturing, convincing, reflecting, serta generalizing; dan kemudian dilanjutkan dengan proses wawancara. Kemudian, hasil tes dianalisis dan divalidasi dengan metode triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa dengan gaya belajar auditori memenuhi 4 indikator penalaran matematis, yaitu sense-making, conjecturing, convincing, dan generalizing. Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya memenuhi 2 indikator, yaitu sense-making, dan conjecturing. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki penalaran matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...