FOUNDASIA
Vol 15, No 2 (2024)

Analisis Kepuasan Layanan Pendidikan Tinggi Keagamaan Buddha di Jawa Tengah

Darma, Widia (Unknown)
Tantra, Manggala Wiriya (Unknown)
Hariyanto, Hariyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) di Jawa Tengah memiliki peran penting dalam menyediakan pendidikan berkualitas untuk umat Buddha. Penelitian ini mengevaluasi kualitas layanan pendidikan PTKB menggunakan kerangka SERVQUAL, yang mencakup lima dimensi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 15 responden, termasuk pimpinan, dosen, mahasiswa, dan perwakilan masyarakat Buddha, serta analisis dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan pendidikan masih memerlukan peningkatan, khususnya pada dimensi tangibles dan responsiveness. Informasi layanan belum sepenuhnya tersampaikan secara komprehensif, sehingga mengurangi daya tarik PTKB bagi calon mahasiswa. Inovasi dalam penyebaran informasi melalui media digital sangat diperlukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan daya saing lembaga. Layanan pendidikan yang berkualitas berdampak positif terhadap reputasi PTKB, kepuasan pelanggan, dan jumlah mahasiswa baru. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas fisik, pengembangan sistem layanan berbasis digital, dan strategi komunikasi yang lebih luas untuk memperkuat peran PTKB dalam menyediakan pendidikan yang inklusif dan bermutu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...