Jurnal Ilmiah Kepesantrenan
Vol. 2 No. 02 (2024): July - December 2024

PENERAPAN METODE MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA PONPES DARUL INABAH

M. Khairul Fadillah (Unknown)
Hasan, Hasan (Unknown)
Dony Ahmad Ramadhani (Unknown)
M. Ahim Sulthan Nuruddaroini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran bahasa mempunyai banyak sekali metode dengan tujuannya masing-masing. Metode adalah cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, semakin baik metode yang digunakan maka akan semakin mempengaruhi hasil dari tujuan. Sehingga, metode ini menjadi unsur yang sangat penting dalam keberhasilan pengajaran. Keberhasilan pembelajaran bahasa Arab juga tergantung bagaimana pendidik (guru) memilih metode yang tepat dalam pembelajarannya. Salah satu metodenya adalah metode mubasyarah, penerapan metode mubasyarah bisa dikatakan tepat dan efektif ketika digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab karena tujuan dari metode mubasyarah tersebut agar peserta didik terampil berbicara dalam bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi kasus. Teknik pengumpulan data berfokus pada observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Inabah Barabai: (1) penentuan metode pengajaran dengan mempertimbangkan empat aspek seperti tujuan pembelajaran, materi, karakteristik belajar siswa dan fasilitas yang tersedia. (2) perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan RPP sebelum pembelajaran untuk memandu jalannya pembelajaran. (3) langkah-langkah penyajian metode mubasyarah dengan memperhatikan karakteristik metode.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almahad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

It is designed to be a useful source of information for readers interested in learning about various aspects of education in ...