Mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memperoleh data serta informasi tentang peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mewarnai. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penilaian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat persentase keberhasilannya sebesar 73% pada siklus 1 naik pada siklus 2 menjadi sebesar 100% dengan 3 orang anak yang mendapat nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 12 orang anak mendapat nilai BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun tindakan guru pada siklus ini dengan mengajarkan cara mewarnai menggunakan pensil warna mendapatkan nilai 100 sehingga kemampuan motorik halus anak pada siklus ini pada perkembangan dinyatakan sangat meningkat.
Copyrights © 2024