Pendidikan tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik, tetapi juga membangun karakter siswa. Penanaman nilai-nilai Kristen seperti kasih, kejujuran, dan tanggung jawab sangat penting di sekolah berbasis Kristen. Guru Bahasa Indonesia mengintegrasikan nilai-nilai ini dengan materi seperti teks observasi dan iklan. Penelitian ini mengkaji bagaimana peran guru Bahasa Indonesia dapat mengintegrasikan nilai-nilai Kristiani melalui materi pembelajaran teks observasi di SMP Swasta Methodist 9 Medan. Sebagai subjek penelitian, penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan pendekatan untuk memilih teks observasi yang mengandung nilai-nilai Kristiani seperti kasih, kejujuran, dan kebaikan terhadap sesama. Selain itu, guru mendorong siswa untuk menulis teks observasi yang berkaitan dengan ajaran Kristen dalam kehidupan sehari-hari mereka. Siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang prinsip moral dan spiritual selama proses ini, selain meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis dan menganalisis teks.
Copyrights © 2024