Jurnal Komprehenshif
Vol 2 No 2 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Video Scribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Negara-Negara Asean Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tualang

Sartika, Dewi (Unknown)
Saleh, Syarbaini (Unknown)
Endayani, Henni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran video scribe pada materi Negara-Negara ASEAN di kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tualang. Peneltitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental designs (nondesigns). Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tualang. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan berganda. Analisis paired sample t test didapat nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa sebesar 60,67 dan nilai posttest 79,60. Artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan media video scribe. Dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji paired sampel korelasi dengan jumlah sampel 30 siswa sebesar 0,593 atau 59,3%. hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan media video scribe mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tualang pada materi Negara-Negara ASEAN dibanding dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video scribe terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tualang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komprehensif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Komprehensif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...