Kecerdasan logis-matematis merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan angka, pola dan hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini. Penelitian dilakukan di TK IT Nurul Ilmi dengan subjek penelitian ini 1 orang guru kelas sentra balok, 1 guru wali kelas, dan 14 anak usia dini yang belajar di kelas sentra balok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai strategi yang digunakan oleh guru. Observasi untuk mengamati bagaimana perkembangan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini. Dokumentasi menjadi salah satu bukti konkret dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kecerdasan logis-matematis, diantaranya strategi langsung, tidak langsung, dan kelompok. Pemilihan strategi ini sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini karena dengan strategi yang tepat dapat menstimulasi kecerdasan logis-matematis anak sesuai dengan aktivitas pembelajaran dengan penemuan pola dan penemuan hubungan yang logis serta dipadukan dengan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan bagi anak.
Copyrights © 2024