Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pelatihan Rancang Modul Ajar Berdiferensiasi Dengan Artificial Intelligence Untuk Guru Di Tasikmalaya

Saputra, Erwin Rahayu (Unknown)
Hamzah, Rifqy Muhammad (Unknown)
Mulyati, Srie (Unknown)
Zaini, Syaza Hazwati binti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan dasar menawarkan peluang besar bagi guru untuk merancang modul ajar yang lebih efektif dan sesuai kebutuhan siswa. Namun, di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, banyak guru masih menghadapi kendala dalam penerapan teknologi ini. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru SD setempat untuk menyusun modul ajar berbasis AI, dengan target peningkatan kemampuan sebesar 75% dalam keterampilan mendesain modul ajar berdiferensiasi sesuai kebutuhan siswa. Metodologi pelatihan meliputi perencanaan berbasis kebutuhan (needs assessment), pelaksanaan interaktif dengan simulasi langsung, dan evaluasi menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, serta wawancara mendalam. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan rata-rata skor pemahaman guru dari 40% menjadi 85%, dengan tingkat penerapan teknologi dalam modul ajar meningkat hingga 70% setelah pelatihan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

parta

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang :Pembangunan manusia dan daya saing bangsa, Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal. Pengembangan ...