JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana
Vol 4 No 2 (2024): EDISI 2024

PENGARUH MEDIA MOTION GRAPHIC TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII

Gultom, Shanta Yesika (Unknown)
Tambunan, Marlina Agkris (Unknown)
Saragih, Vita Riahni (Unknown)
Siregar, Junifer (Unknown)
Silitonga, Immanuel B.D (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Motion Graphic Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Pematangsiantar. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis teks perusasif siswa setelah diberikan treatment/perlakuan berupa penerapan media pembelajaran motion graphic. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre-test ke post-test. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh nilai dari setiap aspek penilaian yang telah dibuat peneliti sebelumnya yaitu struktur teks persuasif, kepercayaan pendengar/pembaca, data dan fakta, kata bujukan, kesesuaian isi teks persuasif, ejaan dan tata tulis. Pada pre-test terdapat persentase nilai struktur teks persuasif 17,5%, kepercayaan pendengar/pembaca 15,8%, data dan fakta 16,4%, kata bujukan 17,5%, kesesuaian isi teks paragraf 16,4%, ejaan dan tata tulis 16,4%. Pada post-test struktur teks persuasif 17,14%, kepercayaan pendengar/pembaca 17,14%, data dan fakta 17,9%, kata bujukan 15,34%, kesesuaian isi teks paragraf 16,24%, ejaan dan tata tulis 16,24%. Hasil tes awal (pre-test) keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematangsiantar sebelum menggunakan media motion graphic peran kategori kurang. Dengan skor rata-rata 60,97. Hasil tes akhir (post-test) keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematangsiantar sesudah menggunakan media motion graphic dalam kategori baik. Dengan skor rata-rata 73,63. Dari hasil analisis uji perbedaan mean pengaruh media motion graphic terhadap keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematangsiantar terdapat perbedaan keterampilan menulis teks persuasif yang singnifikan pada tingkat kepercayaan 95% thitung = 8,33 > ttable = 1,699. Dengan demikian media motion graphic efektif dapat digunakan dalam pembelajar menulis teks persuasif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalrectum

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Rectum is such a publication media of scientific works produced by academics, practitioners, researchers and students who are pursuing law. This journal is managed by the Faculty of Law, Darma Agung University, in cooperation with the UDA Research and Community Service Institute (LPPM). This ...