JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana
Vol 5 No 2 (2023): EDISI BULAN MEI

ANALISIS TINGKAT RELEVANSI MERDEKA BELAJAR DENGAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA PADA SISWA DI SMA NEGERI 14 MEDAN

Tumanggor, Septri J (Unknown)
Kesuma, Sapta (Unknown)
Gultom, Rumesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Artikel ini membahas pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang ide "Merdeka Belajar", yang menekankan kebebasan dan kemandirian saat belajar. Sampai hari ini, konsep ini tetap relevan dalam sistem pendidikan Indonesia. Artikel ini membahas beberapa prinsip utama dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Menggunakan metode pendidikan yang sesuai dengan minat dan pertumbuhan peserta didik. Metode "Merdeka Belajar" ini mengajarkan prinsip-prinsip humanis dan demokratis dalam pendidikan, yang menghargai setiap siswa sebagai orang yang berbeda dan memiliki kesempatan untuk berkembang secara mandiri. Selain itu, artikel ini membahas pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam menangani masalah pendidikan di era modern, seperti kebutuhan untuk memberikan siswa kebebasan dan autonomi untuk memaksimalkan minat dan potensi mereka serta membantu mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan kemandirian menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan di era modern, dan konsep “Merdeka Belajar” dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalrectum

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Rectum is such a publication media of scientific works produced by academics, practitioners, researchers and students who are pursuing law. This journal is managed by the Faculty of Law, Darma Agung University, in cooperation with the UDA Research and Community Service Institute (LPPM). This ...