Pendidikan merupakan proses yang vital bagi pengembangan individu, dengan guru memainkan peran sentral dalam menentukan kualitas pendidikan. Kompetensi guru, meliputi kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan media pembelajaran digital telah menjadi metode yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, hal ini masih jarang dilakukan oleh guru di dalam proses pembelajaran kepada peserta didiknya. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan media pembelajaran digital kepada guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lhokseumawe. Muatan materi yang diberikan kepada peserta kegiatan juga merupakan hasil observasi dan wawancara yang diberikan oleh pihak mitra berdasarkan kebutuhan sekolah. Kegiatan dimulai dari persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dari 6 hingga 8 Agustus 2024 dan meliputi presentasi materi, diskusi, serta praktik langsung. Selama tiga hari pelatihan, guru diberikan materi mengenai perkembangan teknologi informasi, pengelolaan kelas secara interaktif, serta media dan game pembelajaran interaktif. Materi yang diberikan antara lain adalah perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran digital, pengelolaan kelas secara interaktif dan media pembelajaran digital, serta media pembelajaran dan game pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak, seperti produk Google (GForm, Classroom, Drive), Wordwall, dan Quizizz. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat pengetahuan peserta meningkat signifikan, dengan 89,5% berhasil menjawab soal evaluasi dengan benar dan 100% peserta mengumpulkan tugas yang diberikan.
Copyrights © 2024