Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Kelas X SMKS Era Utama

Simarmata, Toga (Unknown)
Butarbutar, Imelda (Unknown)
Bangun, Bangun (Unknown)
Siregar, Nurliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMK Swasta Era Utama, Pancur Batu. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas X-TBSM sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi inkuiri, dan kelas X-TKRO sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen adalah 83,5, sedangkan pada kelas kontrol adalah 44,72. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi inkuiri terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai thitung < ttabel yaitu -36.689 < 2,110 pada taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi inkuiri secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan, dibandingkan dengan metode konvensional. Oleh karena itu, strategi inkuiri direkomendasikan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...