Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MA Darul Ulum. Kepemimpinan kepala madrasah tidak hanya berfungsi sebagai pengelola administratif, tetapi juga sebagai motivator, inovator, dan fasilitator yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah di MA Darul Ulum memainkan peran strategis dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pelatihan dan workshop, serta mendorong inovasi dalam pembelajaran. Selain itu, pendekatan kepemimpinan partisipatif diterapkan untuk melibatkan guru dalam pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan sekolah. Upaya ini berhasil meningkatkan motivasi guru, kinerja siswa, dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik di sekolah. Penelitian ini menekankan pentingnya strategi kepemimpinan yang adaptif dan inovatif dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas.
Copyrights © 2024