Dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat, kita harus memiliki pemahaman dasar tentang konsep digital. Kecerdasan buatan (AI) telah menambah kompleksitas pembelajaran bahasa Indonesia. AI memiliki banyak alat dan aplikasi untuk meningkatkan pengalaman belajar. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi strategi-strategi inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta mengidentifikasi tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh pendidik. Metode penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yakni studi pustaka, dari beberapa literatur review sesuai dengan topik serta tujuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan tahapan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia, literasi digital memungkinkan siswa untuk mengakses sumber daya yang lebih luas dan beragam, sehingga memperkaya pengalaman belajar mereka. Alat-alat berbasis kecerdasan buatan (AI) muncul di era kecerdasan buatan (AI) membawa tantangan dan peluang baru. Aplikasi pembelajaran berbasis AI, misalnya, dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih interaktif dan personal.
Copyrights © 2025