Metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari masih rendahnya minat peserta didik dalam bertanya dan berpendapat. Salah satu metode yang mengasah keaktifan belajar peserta didik adalah metode Learning Start With A Question. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Learning Start With A Question dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen berada pada taraf tinggi, sedangkan pada kelas kontrol berada pada taraf rendah. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak serta T hitung > T tabel yaitu 12,055 > 1,684 artinya Ha yang menyatakan ada pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025