REFEREN
Vol. 3 No. 2 (2024)

Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Sosiodrama

Muspiroh, Siti (Unknown)
Sulaeman, Yeni (Unknown)
Nugraha, Rifki Arif (Unknown)
Mustakim, Usep Saepul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan menulis puisi. Siswa kurang berani dalam mengungkapkan perasaannya melalui puisi atau cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode sosiodrama. Penelitian  ini dilaksanakan pada bulan April, Mei sampai Juni 2024, bertempat dikelas IV SDN Sukamanah 1 Jiput. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan pra-siklus  yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus dan satu kali pertemuan pada pra-siklus. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama terjadi suasana yang menyenangkan sehingga hasil siswa setiap pertemuan meningkat. Pada masa pra-siklus yang tuntas hanya ada 2 orang dengan persentase 13,33%, pada siklus I hasil siswa meningkat yang tadinya hanya 2 yang tuntas siklus I meningkat menjadi 7 dengan persentase ketuntasan 46,66%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yang tadinya 7 siswa pada siklus II ini meningkat menjadi 13 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 86,66%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan metode sosiodrama tersebut dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

referen

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

REFEREN berkomitmen untuk menyajikan hasil penelitian dalam bentuk kajian teori dan kajian eksperimen yang berfokus pada Pembelajaran Bahasa, Pengkajian Bahasa, dan Pengkajian Sastra dengan kualitas terbaik dari para penulis yang beragam latar belakang seperti peneliti, para akademisi, professional, ...