Pola pikir dan perilaku seorang individu dipengaruhi oleh faktor bawaan (hereditas) dan faktor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemikiran dewasa sebelum waktunya pada siswa kelas 5 di SDN Pengambangan 6. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah salah satu siswa kelas 5 yang mempunyai pemikiran dewasa ke arah negatif, guru dan seluruh siswa kelas 5 sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang siswa yang tidak tinggal dengan orang tuanya dan memiliki teman-teman di luar sekolah berusia lebih dewasa darinya menunjukkan pemikiran dewasa siswa ke arah negatif sedangkan siswa yang tinggal dengan orang tuanya dan memiliki teman-teman di luar sekolah berusia lebih muda darinya menunjukkan pemikiran dewasa siswa ke arah positif.
Copyrights © 2024