Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menentukan perkembangan dan perwujudan diri individu, dan bagi kehidupan suatu bangsa. Menyadari akan pentingnya peranan pendidikan sebagai pendorong kemajuan suatu bangsa, maka pemerintah senantiasa berupaya untuk mengadakan pembaruan-pembaruan bidang pendidikan terutama yang berkaitan dengan tenaga pendidikan, pembiayaan, sistem, kurikulum, dan lain sebagainya adalah peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SD serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kolaborasi antara keduanya, metode pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi langsung dan juga wawancara kepada kepala sekolah dan guru, kami menggunakan model penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang fokus pada pemahaman mendalam terhadap fenomena sosial, perilaku, dan pengalaman individu atau kelompok. Penelitian kualitatif menggunakan data deskriptif, baik lisan maupun tulisan, untuk menggambarkan dan menganalisis konteks serta makna dari fenomena yang diteliti.
Copyrights © 2024