Cahaya: Journal of Research on Science Education
Vol. 2 No. 2 (2024)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TERNATE

Tabaika, Amin Abdulah (Unknown)
Juniartin, Juniartin (Unknown)
Umagap, Wirda Az. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran kolaboratif berbantuan Mind Map terhadap hasil belajar siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate. Pembelajaran kolaboratif memungkinkan siswa dengan tingkat performa berbeda untuk bekerja bersama, di mana setiap siswa bertanggung jawab terhadap pembelajaran teman sekelompoknya. Mind Map digunakan sebagai media untuk membantu siswa dalam mengorganisasi dan mengembangkan pengetahuan lebih rinci. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan Pretest-Posttest control group design, melibatkan 52 siswa sebagai populasi dan 26 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan meliputi tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal Biologi dan tugas untuk mengukur motivasi berprestasi siswa. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,031 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kolaboratif berbantuan Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa. Rata-rata skor hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (0,083 > 0,033). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif berbantuan Mind Map berpengaruh positif terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ternate pada Semester II Tahun Pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cahaya

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

CAHAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Sains (e-ISSN 2988-1374) is an Open Access Journal that discusses related science and science education that occurs in the context of society at the primary, secondary and higher education levels related to research in the fields of science education, ...