ABSTRAK    Pada masa perkembangan remaja, kemandirian merupakan isu penting yang idealnya telah dicapai oleh remaja meskipun memang belum sepenuhnya mandiri.  Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian dalam kalangan remaja, dipengaruhi oleh perubahan-perubahan fisik, yang pada gilirannya memicu terjadinya perubahan emosional. Konsep kemandirian remaja umumnya  ditandai dengan kemampuan remaja dalam inisiatif mengambil keputusan, mampu mengatur dan mengendalikan perilakunya, mampu mengambil keputusan dan bertanggungjawab atas keputusan dan perilakunya sendiri, serta telah berpikir masa depan yang lebih baik. Kemandirian sangatlah penting bagi remaja, namun perhatian orang tua maupun pihak sekolah belum begitu serius dalam membekali remaja dengan konsep kemandirian, untuk itu pada kesempatan pengabdian saat ini, fokus kepada pembekalan remaja terkait dengan kemandirian yang memang penting dalam usia remaja, karena pengetahuan dan keterampilan ini sangat penting untuk remaja dan sebagai isu sentral, jika remaja berhasil melalui fase perkembangan ini dengan berhasil dan dapat mandiri, pada usia dewasa tidak akan ada masalah terkait dengan kemandirian. Salah satu cara dalam membantu remaja terkait masalah kemandirian ini adalah dengan cara memberikan penyuluhan mengenai kemandirian berupa tugas perkembangan remaja berkaitan dengan kemandirian Pre dan post test diberikan untuk mengukur sejauh mana efektifitas penyeluhun dapat berjalan, berdasarkan materi yang akan disampaikan. Penyuluhan ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 32 Jakarta.hasil pretest dan postest menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan, yang dapat diartikan terdapat pegaruh penyuluhan terhadap pemahaman remaja terhadap kemandirian. Kata kunci: remaja, kemandirian, penyuluhan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024