JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat jati

Diagnosis Hasil Asesment Kompetensi Madrasah Indonesia Untuk Meningkatkan Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah

Uspari, Nafa Alfaini (Unknown)
Moh. Muslih (Unknown)
Soebari, Titien Soewastiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Dengan meniadakan Ujian Nasional (UN), pemerintah melalui Kementrian Agama memulai era baru dalam pendidikan dengan meluncurkan program yang disebut Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Soal-soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah HOTS yang bersifat kontekstual dan mengukur kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis, serta kemampuan untuk menghasilkan daya analisis berdasarkan informasi—bukan hanya menghapal atau mengingat materi. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih dalam terkait pelaksanaan AKMI dan tindak lanjut hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), peneliti melakukan penelitian tentang pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dan tindak lanjut hasil diagnosis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MI Islamiyah Kebondalem 01 Gringsing Batang. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MI Islamiyah Kebondalem 01 Gringsing Batang? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan AKMI di MI Islamiyah Kebondalem 01 Gringsing Batang? 3) Bagaimana hasil diagnosis hasil AKMI dan tindak lanjut hasil AKMI di MI Islamiyah Kebondalem 01 Gringsing Batang? Metode penelitian yang penulis lakukan yaitu dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research). Dengan mengembangkan empat komponen pokok, yaitu: (a) Perencanaan atau planning, (b) Tindakan atau acting, (c) Pengamatan atau observing, (d) Refleksi atau reflection. Berdasarkan dokumen laporan hasil diagnosis siswa Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), madrasah sudah mencapai kategori cakap. Beberapa kegiatan tidak lanjut diterapkan untuk meningkatkan literasi siswa madrasah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...