Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 4, No 3 (2024)

Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam

Hakim, M. Luqman (Unknown)
Ulandari, Sri (Unknown)
Hidayati, Noorazmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Sejarah Budaya Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, yaitu menganalisis artikel dan sumber terbaru yang terkait dengan upaya peningkatan pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah. Artikel yang dianalisis sebanyak 30 artikel yang terbit antara tahun 2018-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru karena memerlukan peran aktif guru sebagai fasilitator pembelajaran yang handal. Pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, menjadikan siswa sebagai pusat kegiatan pembelajaran, dan memperkaya proses pembelajaran di madrasah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...