Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2024): November

ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Fajriyadi, Henra (Unknown)
Hajerina (Unknown)
Sartika, Nurhalida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mendeskripsikan kesalahan- kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bangun ruang  berdasarkan Prosedur Newman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes, angket gaya belajar, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu 29 siswa kelas VII, dengan subjek yang dipilih untuk diwawancarai yaitu 3 siswa yang masing-masing terdiri atas 1 siswa dari setiap jenis gaya belajar dan yang paling banyak melakukan kesalahan. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya dan kesalahan yang dilakukan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP Alkhairaat 1 palu dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang berdasarkan Prosedur Newman

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurutua

Publisher

Subject

Education

Description

Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembejalaran adalah jurnal untuk berbagai keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu Bulan Mei dan Nopember . Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian berkaitan dengan ilmu pendidikan, ...